Sabtu, 07 Juni 2008

SISTEM GRAFIK

Penggunaan grafik komputer tidak bisa dipisahkan dari penemuan tentang plotting yang dimulai dengan menggambar garis dan akhirnya diketahui bahwa dari garis dapat ditemukan plotting yang lebih terencana. Perkembangan sains dan teknologi yang pesat membuat sebuah penemuan yang hingga sekarang masih mencari bentuk kesempurnaan, yakni teknologi grafik komputer yang dapat digunakan dalam segala aplikasi baik dunia industri maupun pendidikan. Akan tetapi, melihat lebih detail lagi ternyata sistem grafik komputer sendiri memiliki komponen-komponen seperti display device, input devices, output device, interfacing device.

FILOSOFI DASAR SISTEM GRAFIK

Sebelum mengembangkan program untuk menghasilkan output grafik, secara serius harus dipertimbangkan aspek manajemen dari kontrol program dan perkembangan program untuk menjamin penggunaan maksimum yang telah dibuat oleh komputer. Dan pada akhirnya, program ini dibuat bersamaan dengan bebrapa kebijakan yang berkenaan dengan analisa sistem dan programmer, diantaranya :

  1. Tidak ada duplikat sistem atau program

Kebijakan ini telah tersebar luas dan menjamin bahwa hanya ada satu sistem yang dikembangkan untuk mengontrol irisan antara operator plotter dan program aplikasi. Kebijakan ini juga berimbas pada keputusan untuk memiliki satu program garis bentuk.

  1. Mudah digunakan
  2. Digunakan dalam sistem baru dari beberapa fitur yang telah dipakai oleh sistem terdahulu
  3. Mampu menangani masalah operasional
  4. Optimasi pada waktu plotting

Plotter ketika dikombinasi dengan komputer menjadi sangat lambat. Sebuah komputer membutuhkan waktu yang lama dibanding dengan waktu saat membuat gambar yang sesungguhnya. Akan tetapi, lama kelamaan ini menjadi tantangan bagi para ilmuwan hingga saat ini.

Beberapa perkembangan dari sistem grafik dimulai dari pergerakan pen dengan memperhatikan ketebalan satu per satu sehingga membentuk sebuah garis. Kemudian dibentuk fungsi penulisan menyilang sehingga pergerakan pen dapat diminimalisir dimana garis alternatif juga digambar pada arah yang berbeda hingga kemudian user dapat mengukur garis yang diplot sehingga strategi penggunaan plot dapat dilakukan.

GRAFIK KOMPUTER

Pengertian Grafik Komputer

adalah tampilan, manipulasi dan simpanan gambar dan data percobaan untuk visualisasi yang menggunakan komputer atau kreasi, manipulasi dan simpanan objek geometri (model) dan gambar-gambarnya (rendering) yang menampilkan gambar-gambar pada layar atau hardcopy device.

Tipe Sistem Grafik

Terdiri dari komputer dengan prosesor yang cepat sebagai pendukung, memori yang besar, frame buffer dan :

  1. display device seperti monitor berwarna
  2. input devices seperti mouse, keyboard, joystick, dll
  3. output device seperti panel LCD, printer laser, printer berwarna, plotter, dll
  4. interfacing device seperti video, TV

Konsep dasar dari grafik interaktif

Beberapa tipe aplikasi dari sistem grafik :

  1. GUI (Graphical User Interface)
  2. Perangkat otomatis kantor
  3. Plotting dalam bisnis
  4. Penerbitan desktop
  5. Plotting dalam bisang sains dan teknologi
  6. Web/bisnis/penerbitan komersial dan periklanan
  7. Desain CAD/CAM (VLSI, konstruksi, circuit)
  8. Visualisasi ilmiah]
  9. Hiburan
  10. Virtual reality
  11. Proses monitoring
  12. Proses gambar digital
  13. Simulator
  14. Multimedia
  15. Pendidikan dan pelatihan

Empat dasar output elemen untuk gambar :

  1. POLYLINE
  2. filled POLYGONS
  3. ELLIPSE
  4. TEXT
  5. Raster image

Empat wilayah besar dari grafik komputer adalah :

  1. tampilan informasi
  2. desain/model
  3. simulasi
  4. pengguna interface

Sistem grafik komputer dapat disebut aktif atau pasif. Keduanya, input ke sistem adalah deskripsi tempat dan output adalah statis atau tempat animasi yang akan ditampilkan. Dalam sistem aktif, user mengendalikan tampilan dengan bantuan dari GUI menggunakan input device. Komputer grafik sekarang merupakan sebuah komponen yang signifikan dari kebanyakan sistem dan aplikasi komputer.

Beberapa macam prinsip dan konsep dalam grafik komputer antara lain :

  1. display sistem
  2. transformation
  3. scan convertion and clipping
  4. hidden surface removal
  5. shading and illumination
  6. solid modelling
  7. curves and surfaces
  8. miscellaneous
  9. advances raster graphics architecture

DAFTAR PUSTAKA

  1. Mathematical elements for Computer Graphics; 2nd edn.; D. F. Rogers and J. A. Adams; McGraw-Hill International. Edn., 1990.
  2. Procedural Elements for Computer Graphics; 2nd Edn., D. F. Rogers, Tata McGraw-Hill, 2002.
  3. Computer Graphics; Principles and practice; 2nd edn. in C;J. Foley, A. Van Dam, Feiner and Hughes; Addison Wesley,1997.

Tidak ada komentar: